Pahala Bagi Pemberi Minum Yang Ikhlas

Pahala Bagi Pemberi Minum Yang Ikhlas

Pahala (dari bahasa Sanskerta phala, “buah”) berarti buah perbuatan, yang diperoleh karena perbuatan baik maupun buruk yang termanifestasi lewat perbuatan

Pahala juga berarti balasan kebaikan dari Allah atas segala amal baik yang dilakukan oleh manusia. Sebaliknya, dosa balasan keburukan dari Allah atas semua amal buruk yang dilakukan oleh manusia di dunia ini.

Imam Al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan hadis yang berbunyi: “Amalan yang paling dicintai Allah adalah salat tepat pada waktunya, berbakti pada orang tua, dan jihad di jalan Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim). Pahala shalat dalam hadis tersebut jelas yaitu melebihi pahala berbakti kepada kedua orang tua dan pahala jihad.

Berikut amalan ringan yang bisa hadirkan pahala besar :

  • Berdzikir, mengingat dan memuji Allah SWT
  • Membaca Basmallah setiap memulai aktivitas. 
  • Mengajak dan mendoakan orang lain dalam kebaikan. 
  • Membaca ayat kursi setelah melakukan shalat. 
  • Membaca Al Quran. 
  • Mendengarkan dan Mengamalkan do’a Azan. 
  • Shalat dua rakaat sebelum Shalat Subuh.

Sebuah kisah bagaimana perbuatan yang dapat mendapatkan pahala :

Pada siang hari yang terik, seorang pemuda berjalan sendirian di tengah padang pasir. tiba-tiba saja ia merasa sangat kehausan. sesegera Mungkin, ia mencari oase (sumber mata air)/sumur di seputar padang pasir itu. akhirnya, Pemuda tersebut menemukan sebuah sumur dan segera turun ke dasar sumur itu.

Setelah menuruni sumur, Pemuda tersebut segera meminum air dalam sumur itu sambil mengucap syukur, “Wahai Allah yang maha pengasih, kau berikan nikmat kepada aku ketika aku kehausan di padang pasir ini.”setelah rasa haus itu hilang, Pemuda Saleh itu mulai mendaki kembali. baru saja sampai di permukaan sumur, ia melihat seekor anjing yang merintih-rintih kehausan. pemuda itu berbicara dalam hati, “pasti anjing ini menderita kehausan seperti yang aku rasakan sebelumnya.”

Tanpa pikir panjang, muda itu turun kembali ke dasar sumur. Ia membuka sepatunya dan dan memenuhi dengan air sumur. kemudian, ia mendaki sumur itu perlahan sambil menggigit sepatu yang telah berisi air. lama kemudian, sampailah iya di permukaan. sepatu berisi air itu pun diberikan kepada si anjing.

Hikmah cerita:
Rasulullah bersabda, “Allah pun berterima kasih kepada pemuda itu dan telah mengampuni dosanya.” Allah Maha Mengetahui akan semua perbuatan yang terpuji dari pemuda itu. Ia melakukan hal itu karena Allah, bukan mengharap Jimbaran ataupun pujian dari orang lain.

.