Memegang Amanah Dengan Teguh

Memegang Amanah Dengan Teguh

Amanah artinya terpercaya (dapat dipercaya). Amanah juga berarti pesan yang dititipkan dapat disampaikan kepada orang yang berhak. Amanah yang wajib ditunaikan oleh setiap orang adalah hak-hak Allah Swt., seperti salat , zakat, puasa, berbuat baik kepada sesama, dan yang lainnya.

Menurut Al-Kafuwi dalam Kitab Al Kulliyat, amanah artinya segala sesuatu yang diwajibkan Allah SWT kepada manusia. Dikatakan juga bahwa amanah adalah titipan yang dipercayakan kepada manusia.

Seseorang dipandang amanah apabila ia dapat dipercaya dan dapat menyampaikan pesan atau titipan kepada orang lain yang berhak. Sebagai muslim, kita dituntut untuk dapat mewujudkan amanah, baik kepada Allah Swt maupun kepada sesama manusia.

Pentingnya Menjaga Amanah Dengan Teguh

Siang hari yang terik, matahari bersinar dengan ganasnya. mana saat itu Umar Bin Khattab ra pergi ke Padang penggembalaan domba. yang melihat ke sekitar, ada seorang anak pengembala sedang berteduh dibawah pohon kurma yang menjulang tinggi. Umar mendekati anak kecil itu Seraya bertanya, “hai anak muda bolehkah aku beli 1 ekor kambing gemukmu dengan harga yang tinggi ? ” mendengar pertanyaan itu, si pengembala kecil menjawab dengan tegas, “wahai orang tua, kambing-kambing ini bukan milikku, tapi milik majikanku. aku hanya diberikan amanah untuk memeliharanya dengan baik.”

Umar membujuk si pengembala lagi, “hai anak muda, kau bisa berkata kepada majikan bo bahwa seekor harimau telah memakan kambing itu, dan majikanmu tidak melihatnya, tentu dia akan percaya dengan perkataanmu. kemudian, uang yang kau miliki itu bisa kau belikan kambing lagi dan sisanya untuk kepentingan dirimu. Bukankah itu lebih menguntungkan.”

Tapi reaksi si anak gembala? ia menjawab dengan tegas, “Wahai orangtua, walaupun majikanku tidak melihat perbuatan tercelaku, tapi Allah pasti mengetahuinya. Semoga Allah memaafkan perkataan Tuan!”

Melihat keteguhan Iman si pengembala, hati Umar sangat senang. Ia pun bergegas menemui majikan si pengembala itu membebaskannya dari perbudakan. Umar juga menyediakan seluruh kambing yang dibelinya kepada anak pengembala tersebut. Ia mendapatkan berkah berlimpah dari Allah karena menjaga amanah atas kepercayaan orang lain.

Hikmah cerita :
Allah Maha Mengetahui apa yang dikerjakan setiap hambanya. si pengembala bisa menjaga amanah orang lain. akhirnya, ia mendapat berkahnya dengan terbebas dari perbudakan dan mendapat hadiah yang tidak terduga.