Bersedekah Tidak Akan Membuat Kita Jadi Miskin

Bersedekah Tidak Akan Membuat Kita Jadi Miskin

Sedekah merupakan salah satu perbuatan yang sangat terpuji yang dapat dilakukan oleh setiap orang guna terjalinnya suatu terjalinnya suatu hubungan yang baik antar sesama sehingga tercipta ketentraman, ketenangan dan kerukunan antar sesama
 
Bersedekah tentunya ada banyak cara tidak wajib harus dalam bentuk uang hal yang sederhana seperti memberikan sebuah senyuman itu pun sudah termasuk sedekah, karena dengan senyuman yang kita berikan kepada setiap orang yang menghampiri kita tentunya akan memberikan rasa kedekatan, kenyamanan dan kebahagiaan bagi orang yang kita tersebut
 
Mari kita simak sebuah kisah : 

Khalifah Abu Bakar As-Siddiq ra adalah sahabat rasulullah yang terkenal gemar bersedekah. hingga suatu hari, Rasulullah mendengar kedermawanan Abu bakar. Ia pun memanggil sahabat-sahabat lainnya untuk berlomba-lomba bersedekah seperti yang dilakukan Abu Bakar.

Datanglah seorang sahabat yang usianya paling muda. ia menyedekahkan sebagian hartanya, sebilah pedang, dan kepandaiannya.”Wahai Rasulullah, aku sedekahkan sebagian harta, sebilah pedang, dan sebagian kepandaianku, katanya. mendengar ucapan sahabat muda tersebut, Rasulullah senang sambil mengangguk-anggukkan kepalanya.

Setelah itu, datang sahabat yang usianya lebih tua. Ia datang tergesa-gesa dan berkata, “Wahai Rasulullah, aku sedekahkan sepertiga bagian harta yang berlimpah ruah ini untuk mendanai dakwah Islam.” kembali Rasulullah melemparkan senyum ke arah sahabatnya itu.

Tak lama kemudian, datanglah sahabat dari suku Bani Adam berlari tergopoh-gopoh mendekati Rasulullah dan berkata, “Wahai Rasulullah, aku sedekahkan setengah bagian dari harta kami untuk perjuangan Islam. sedangkan setengahnya lagi, aku tinggalkan untuk keluarga.” kali ini di wajah Rasulullah memancar kebahagiaan dengan mata yang berkaca-kaca.

Orang terakhir yang mendatangi Rasulullah adalah Abu Bakar. “Wahai Rasulullah, aku serahkan semua hartaku tanpa terkecuali,” katanya dengan tegas. Mendengar hal itu, rasulullah bertanya, “wahai Abu Bakar apa yang kau tinggalkan buat keluargamu di rumah?” Abu Bakar merupakan menjawab dengan tersenyum, “tidak ada yang lain, kecuali Allah SWT dan rasulnya di hati Sanubari anak-anak dan istriku.”

“Subhanallah,” ucap Rasulullah. ia menangis mendengar jawaban yang keluar dari mulut Abu Bakar. Allah telah memberi Abu Bakar sifat yang sangat terpuji, yakni gemar melakukan sedekah antarasa watir menjadi miskin atau kekurangan. Allah Maha Tahu apa yang dilakukan Abu Bakar.

Hikmah cerita:
Bersedekahlah karena Allah. jangan khawatir harta kita akan berkurang karena sedekah. Allah telah menjanjikan sesuatu yang lebih dari kebaikan yang kita lakukan.